Usaha Sampingan Yang Bisa Dikerjakan Mahasiswa Arsitek

Bisnis Internet Modal Kecil

Sebenarnya sejak menjadi mahasiswa, kita sudah belajar menjadi ahli ekonomi. Kenapa begitu, karena kita belajar mandiri, mengelola keuangan dari budget kiriman bulanan yang kadang juga telat. Tapi dari sekian banyak cerita mahasiswa yang hidup di rantau, saya belum pernah nemuin mahasiswa yang terlantar karena kurang uang. Itulah kenapa mahasiswa juga disebut sebagai ahli ekonomi, pasti ada saja caranya untuk bertahan hidup. Seperti kata pepatah Inggris Jawa kuno: pinter iku mergo kahanan. Kurang lebih artinya, kita menjadi pinter karena ditempa oleh keadaan, mahasiswa itu punya sense of survival yang tinggi, terutama karena dia punya radar terhadap warung-warung strategis yang budgetnya pas di kantong.

Tapi kali ini saya ngga ngebahas tentang warung, ini adalah kiat-kiat untuk Mahasiswa Arsitek yang pengen menambah penghasilan diluar jatah kiriman orang tua. Masih tentang pengalaman pribadi, beberapa ide usaha ini saya rasa masih relevan untuk dunia mahasiswa jaman now. 

Disclaimer: Isi tulisan ini tidak mengajak mahasiswa untuk menjadi pembangkang, atau mengajak  mahasiswa untuk tidak fokus belajar. Isi tulisan ini adalah kisah pengalaman pribadi penulis agar dapat dijadikan bahan renungan bahwa tujuan utama mahasiswa adalah belajar bukan cari uang. Penulis tidak bertanggung jawab apabila mahasiswa mendapatkan uang dari kiat-kiat yang diceritakan disini. 

1. Ikut Sayembara Desain

Ini adalah strategi paling aman. Selain bisa untuk mengasah skill desain dan kemampuan presentasi. Kalian juga akan mendapatkan exposure, atau ketenaran. Paling tidak nama kalian sudah Go Public ke ranah luar kampus. Kalau menang juga akan mengharumkan nama almamater, disayang dosen, dan mungkin privilege untuk menggunakan fasilitas kampus kayak studio, laboratorium bahasa, perpustakaan dll, yang mahasiswa biasa mungkin perlu extra effort untuk menggunakannya. 

2. Menjadi Asisten Dosen atau Asisten Lab

Ini juga strategi aman kedua yang bisa kalian lakukan. Menjadi asisten dosen atau asisten laboratarium mungkin tidak akan mendatangkan uang buat kalian. Tapi triknya adalah, dengan menjadi asisten dosen kalian akan punya hubungan baik sama dosen yang bersangkutan. Jadi ketika sang Dosen nanti ada proyek, kalian bisa dilibatkan dan masuk menjadi anggota team perencana. Yah, paling tidak menjadi drafter yang bantuin ngegambar, kan lumayan. 

3. Menjadi Tukang Maket

Ada yang hobinya utak-atik benda kecil yang disusun menjadi diorama, kalau di dunia Arsitektur itu namanya maket. Nah, setiap mahasiswa arsitek pasti perlu bikin maket untuk mata kuliah tertentu yang berkaitan dengan karya desainnya. Disinilah kalian bisa nawarin jasa membuat maket untuk teman sekelas, adik kelas, kakak kelas, adik kelas kampus lain, dsb. Kalau beruntung, bisa juga dapat orderan dari proyeknya Dosen. 

4. Menjadi Freelance Graphic Designer

Yang jago desain biasanya ngga puas hanya dengan pamerin hasil gambarnya ke temen-temen sekelas. Kalian bisa menjual diri dengan nawarin jasa freelance desain grafis ke agen-agen percetakan lokal. Sayang waktu pas saya kuliah dulu belum jamannya digital, sekarang bisa dengan mudah menjadi freelance desainer di situs-situs marketplace lokal seperti projects.co.id, atau marketplace luar negeri yang dibayar dollar di https://upwork.com

5. Menjadi Announcer Radio

Buat saya yang suaranya ehm, cempreng..beberapa kali tidak lolos audisi Akademi Fantasi. Maunya lari ke stasiun radio menjadi radio announcer atau penyiar, namun tetap saja gagal karena kurang pede. Tapi buat kalian yang memang punya suara emas dan bakat menghibur, ide menjadi penyiar radio ini bisa dijadikan pilihan. Ide turunan dari kegiatan ini bisa juga menjadi voice over, pengisi suara, atau kalau yang suka bermusik bisa juga jadi penyanyi cafe. Bisa dipastikan dengan usaha ini kalian juga akan terkenal. 

Sebenarnya masih banyak yang bisa digali mengenai usaha sampingan yang bisa dikerjakan oleh mahasiswa arsitek. Tapi saya akan menanyakan pendapat kalian di kolom komentar di bawah. 

Sekian dulu tulisan kali ini. Ingat, fokus belajar bukan cari uang. 
Wassalam.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Usaha Sampingan Yang Bisa Dikerjakan Mahasiswa Arsitek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel