Aplikasi Zaman Now Untuk Presentasi Desain

Waktu awal saya kuliah dulu, boro-boro kenal yang namanya aplikasi. Temen-temen yang punya handphone saja masih bisa dihitung dengan jari. Dan kalau punya handphone, paling mentok aplikasi yang bisa dipakai mainan cuma game snake---itu lho, yang mainnya ngumpulin skor dengan makan pixel-pixel di layar monochrome handphone lalu akan menjadi ekor yang semakin panjang, makanya game tersebut dinamakan Snake.

Aplikasi-Desain-Arsitektur

Jadi tahu kan, kira-kira zaman kapan saya kuliah. Nah, untuk urusan presentasi desain, sudah pasti gambar manual pakai freehand dan pensil warna. Sehingga buat mereka yang skill gambarnya ngga termasuk skill dewa, ngegambar itu adalah perjuangan melawan 4 rasa, yakni; rasa bosan, rasa malas, rasa kantuk, dan rasa takut.

Untungnya, zaman telah berubah. Kalian yang merasa arsitek atau mahasiswa arsitek, atau designer wannabe, kini telah banyak orang-orang baik hati yang bersedia membangun aplikasi untuk membantu tugas-tugas presentasi kalian dengan baik. Syaratnya gampang, punya handphone, laptop, dan jiwa explorasi (alias utak-atik) yang cukup besar. Cekidot!.

1. Dulux Visualizer ID

Aplikasi ini fungsinya agar kalian dapat mengambil foto sebuah ruangan yang akan dicat lalu diberikan efek warna-warna yang berbeda untuk mencapai nuansa ruangan yang diinginkan. Jenis-jenis warna tersebut adalah type cat berbagai varian dari product Dulux yang sudah disediakan. 
Pada dasarnya aplikasi ini menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) yang sekarang ini semakin berkembang seiring dengan kemajuan gadget yang dimiliki oleh hampir setiap manusia modern. Dengan aplikasi ini kalian dapat; melihat tampilan warna cat secara langsung pada object dinding yang difoto, membagikannya secara langsung kepada klien, rekan kerja, atau kerabat dimana mereka akan dengan cepat memberi tanggapan, dan atau menyimpannya ke dalam handphone untuk ide inspirasi desain di lain waktu. Kalian dapat mendownload aplikasi tersebut DISINI.

2. IKEA Place

Masih dengan teknologi yang sama yakni menggunakan Augmented Reality untuk arsitektur, produsen perabot asal Swedia ini juga tak mau kalah dengan urusan desain interior. Pengguna yang meng-install aplikasi IKEA Place ini dapat membantu secara virtual meletakkan perabot-perabot yang disediakan oleh IKEA agar dapat melihat seberapa cocok perabot tersebut diletakkan di dalam ruangan yang kita tentukan.

Dengan menggunakan teknologi Augmented Reality ini, sebenarnya ini adalah sebuah terobosan kemajuan teknologi yang saya prediksi menjadi world trend nantinya karena akan merubah pandangan masyarakat akan cara penggunaan display product yang konvensional. Kenapa?, karena AR akan memangkas cost mock-up production secara signifikan, ditambah pula manfaat yang sangat besar dari sisi distribusi informasi, orang bisa melihat end-product nya secara real time.

Aplikasi IKEA Place dapat kalian download DISINI.

3. Google SketchUp

Untuk aplikasi ini sebenarnya spesial dipakai oleh Arsitek, karena sedikit lebih rumit dan memerlukan keahlian 3D-modeling. Namun seperti yang telah saya ulas dalam tulisan terdahulu, sebenarnya Google SketchUp merupakan aplikasi sederhana yang dapat dengan mudah dipelajari oleh semua orang. 

Teknik yang dipakai untuk presentasi di dalam Google SketchUp adalah teknik PhotoMatch. Dimana dengan menggunakan teknik tersebut, kita dapat mengambil foto eksisting bangunan lalu memodifikasi dengan menggunakan modeling yang dilakukan di dalam aplikasi tersebut. Semacam teknik komposit antara bitmap dengan 3d model tapi disajikan dengan tampilan perspektif. 
Teknik ini juga terbukti merupakan jurus ampuh untuk menyampaikan ide dasar akan massa bangunan atau bentukan-bentukan yang nantinya akan dikerjakan.

Google SketchUp tersedia versi free dan versi premium yang dapat kalian download DISINI.

Aplikasi-desain-arsitek
Aplikasi-desain-arsitek

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi Zaman Now Untuk Presentasi Desain"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel