Mengapa Harus Menggunakan Jasa Arsitek | Tips & Trick Bangun Rumah

Jasa-Arsitek-Rumah
Tulisan ini mungkin berbau promosi karena latar belakang saya sebagai praktisi bangunan. Tapi saya akan mencoba obyektif dalam memaparkan alasan mengapa harus menggunakan jasa Arsitek dalam membangun rumah idaman kalian. Paling tidak saya akan menjelaskan secara umum beberapa konsep yang berlaku di profesi Arsitek beserta kiat bagaimana mempersiapkan rencana memiliki rumah yang baik. Nah, inilah beberapa alasan mengapa kita perlu menggunakan jasa Arsitek:

1. Nilai Tambah Pada Bangunan

Jasa-Arsitek-Rumah
Redbean Architects

Arsitek adalah seorang profesional
yang berkeahlian dan memiliki sertifikasi dalam menjalankan pekerjaannya. Kalau hanya untuk membuat perubahan kecil atau seperti renovasi mengganti kanopi mungkin tukang bangunan bisa saja mengerjakannya. Sebuah rumah yang dirancang menggunakan jasa arsitek memiliki nilai tambah berupa detail-detail yang seorang tukang sendiri tidak memiliki gagasan mengerjakannya sebelum ada arahan dari Arsitek. Misalnya, detail dalam memilih material finishing tampak muka bangunan (facade). Arsitek menggunakan waktunya untuk bekerja mencari proporsi dan komposisi desain agar memiliki nilai estetis dan sedap dipandang, sementara tukang bangunan bekerja berdasarkan pengalaman yang menurut standard mereka umum diterapkan.

Tapi baik disadari atau tidak, sekumpulan detail-detail tersebut apabila dirasakan secara ber-pengalaman (experiencing) di lokasi akan terasa. Sehingga, semua ciri khas dan karakter yang ada pada bangunan tersebut adalah faktor investasi untuk menaikkan harga jual bangunan ketika kita berniat untuk menjualnya.

2. Seseorang Yang Bisa Memecahkan Masalah Desain

Jasa-Arsitek-Rumah
WADesign

Arsitek adalah seorang profesional yang terlatih untuk memecahkan masalah desain yang terjadi dalam sebuah bangunan. Biasanya mereka juga menyukai tantangan untuk memberikan solusi desain yang one of a kind, karena itu memberikannya sebuah signature atas karya mereka. Misalnya, pengaturan split level yang ada pada bangunan dengan tapak berkontur, mengatur focal point pada sudut-sudut tertentu, dan lain sebagainya.

Sebuah proyek juga tidak hanya terdiri dari team finishing saja, tapi ada MEP, Lighting, dan seterusnya. Ketika ada konflik terhadap desain yang muncul dari sisi sistem tersebut, maka keberadaan arsitek dibutuhkan untuk menjaga proporsi dari segi visual sementara fungsi dari sistem tetap berjalan dengan baik.

3. Anda Menginginkan Estetika Sebagai Prioritas

Jasa-Arsitek-Rumah

Seorang Arsitek sejati menginginkan desain yang bagus, sedangkan seorang insinyur menginginkan sistem yang bekerja tanpa ada masalah. Ketika Anda menginginkan estetika sebagai prioritas, maka Arsitek memiliki keahlian untuk menawarkan berbagai pilihan-pilihan dan material yang lebih banyak untuk mengakomodasi kebutuhan sistem tersebut.

Seperti misalnya, kalian sebagai owner menginginkan sebuah desain kamar mandi yang modern dan ingin menggunakan aksesoris dengan brand Grohe misalnya, maka arsitek akan membantu memilihkan desain yang sesuai dengan konsep kamar mandi secara keseluruhan.

4. Anda Menginginkan Sebuah Perencanaan Jangka Panjang

Jasa-Arsitek-Rumah
Jika kalian memiliki konsep rumah tumbuh yang ingin bisa dikembangkan di masa depan, maka berdiskusi dengan Arsitek adalah tempat yang tepat. Hunian yang dibangun didasarkan atas kebutuhan manusia yang menempatinya. Namun dengan perencanaan yang sudah ditetapkan di awal, sehingga pemilik memiliki fleksibilitas dari segi waktu dan anggaran.

Misalnya, saat ini kalian menginginkan rumah dengan jumlah kamar yang cukup untuk anggota keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, dan seorang anak. Akan tetapi kalian merencanakan untuk memiliki tambahan ruang ketika nanti sang anak memiliki adik lagi, atau memiliki koleksi mobil yang lebih banyak lagi  5 tahun yang akan datang. Maka Arsitek akan merencanakan sesuai dengan potensi lahan apakah pengembangannya akan secara vertikal maupun horizontal.

Nah, begitulah menurut saya 4 alasan mengapa kita mesti menggunakan jasa Arsitek untuk merencanakan membuat rumah yang kita impikan. Meskipun ada biaya yang kita keluarkan untuk "menyewa" skill arsitek tersebut, tapi itu adalah sebagian dari investasi positif untuk kedepannya.

Selamat berkarya!.
TAG