Probo Hindarto: Desain Rumah Tak Sekedar Bagus, Namun Juga Harus Matang

Profil Arsitek | Probo Hindarto

Founder astudioarchitect

Menulis tentang profil Arsitek Probo Hindarto itu adalah seperti menulis penulis. Sebab, beliau ini termasuk Arsitek yang gemar menulis. Sudah banyak sekali karya-karya tulisan beliau ini yang dipublikasikan baik dalam bentuk buku maupun artikel dalam media massa. Sehingga jika saya mengulas dalam artikel blog ini yang hanya mungkin sebanyak 500 - 600 kata tidak akan cukup mewakili betapa banyaknya hasil karya beliau dibandingkan dengan tulisan saya kali ini. Tapi setelah pergulatan batin selama dua malam akhirnya saya memberanikan diri untuk menceritakan juga dalam blog saya, paling tidak demi kepentingan knowledge sharing dan asas praduga tak bersalah jurnalistik.

Picture by Probo Hindarto
Tak hanya dalam dunia tulis-menulis, Arsitek lulusan Universitas Brawijaya ini juga mempunyai channel vlog dan Youtube yang membahas tentang hasil karya dan pandangan-pandangannya terhadap dunia arsitektur di Indonesia. Kalian dapat mengikuti perkembangan berita terbaru mengenai pikiran, gagasan, dan karya beliau di channel yang namanya sesuai dengan dirinya, Probo Hindarto. Jangan lupa subscribe ya, biar ngga ketinggalan update tentang ide-ide terbaru Probo Hindarto.

Perspektif Dan Gaya Arsitektur Probo Hindarto

Menurut penerawangan saya, beliau ini mahir dalam mengolah bentukan ruang dalam skala yang relatif kecil yang tercermin dalam mayoritas hasil karyanya yakni berupa residential. Termasuk pula dalam konteks interior, hasil desain karya Probo Hindarto berpedoman pada konsep intimacy, atau pendekatan terhadap kebiasaan dan karakter pemilik masing-masing. Proses desain dalam sudut pandang beliau, adalah sebuah proses pengamatan dan hasil tukar pikiran antara owner dan arsitek. Sehingga desain rumah yang nantinya dihasilkan tak hanya sekedar bagus, namun juga matang, begitu menurut pernyataannya.

Sebuah perjalanan yang cukup panjang bila saya mengamati perkembangan karir Probo Hindarto sejak tahun 2005 hingga sekarang. Itulah mengapa bisa saya katakan sebuah konsistensi dan dedikasi terhadap desain dan teknik problem solving dalam lingkup residential design telah memberikannya stock of knowledge yang luas namun tak berarti harus monoton. Karakter-karakter arsitektur tropis yang sering muncul dalam kebanyakan karyanya adalah salah satu ciri khas astudio. Dan walaupun terbungkus dalam berbagai jurus arsitektur modern, namun saya tetap menangkap lini dasar yakni sebuah kesederhanaan, salah satu contohnya adalah dalam pemilihan material finishing. 

Satu lagi penerawangan saya, yakni bahwa perkembangan tingkat kesejahteraan masyarakat Indonesia sekarang ini cenderung meningkat. Terbukti bahwa dengan semakin banyak orang yang meminta pertolongan Arsitek untuk dibuatin desain rumahnya, bahkan dengan luasan lahan mereka yang rata-rata kurang dari 400m2. Bukan hanya dinilai dari besaran imbal jasa yang diberikan, akan tetapi gejala ini mengerucut pada analisa bahwa masyarakat semakin melek desain. Kebutuhan akan sebuah hunian yang "customize" dan nyaman serta juga sebagai identitas sosial tersebut menurut saya adalah sebuah kenaikan tingkat kemakmuran seseorang dimana mereka secara status telah terpenuhi akan kebutuhan primer dan sekundernya. Sehingga dengan latar belakang tersebut, astudio menjadi role model designer yang cocok dengan perkembangan ekonomi masyarakat sekarang ini. 

inspirasi desain rumah gaya minimalis

inspirasi desain rumah gaya minimalis

Lebih jauh mengulas tentang astudio bersama Probo Hindarto, menurut beliau menjadi Arsitek di era digital seperti sekarang ini dituntut agar supaya extra kreatif. Tidak hanya karena sisi persaingan yang lebih ketat, namun juga karena desainer dituntut untuk bisa mempunyai visi kedepan. Dan untuk bisa mengikuti perkembangan jaman, seorang desainer paling tidak mampu beradaptasi dengan teknologi yang juga semakin berkembang. 

Tak bisa dipungkiri bahwa penguasaan teknologi mempunyai andil besar dalam bisnis desain. Contoh mudahnya saja, arsitek jaman dulu menggambar manual dengan meja gambar dibandingkan arsitek jaman now yang menggambar dengan CAD. Faktor waktu penyelesaian tugas yang semakin singkat dengan tujuan kenaikan produktifitas menjadi tolak ukur semakin canggih dan up to date-nya seseorang dalam dunia bisnisnya. 

Kecanggihan teknologi yang dikuasai akan juga memberikan peluang bagi desainer untuk diversifikasi produk yang dijual. Seperti layaknya astudio, yang juga menggawangi homeplans.id, adalah sebuah saluran untuk menjual denah rumah secara online. Masyarakat kini dapat dengan mudah mencari kebutuhan akan desain rumah disesuaikan dengan lahan yang mereka miliki. Dalam situs tersebut telah diberikan banyak pilihan-pilihan desain yang sudah "siap bangun". Nah, kan namanya juga kreatif, ngga hanya kavling siap bangun saja yang bisa dijual jaman sekarang ini, bukan?

Selamat berkarya!.
Note: All pictures belong to astudio.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Probo Hindarto: Desain Rumah Tak Sekedar Bagus, Namun Juga Harus Matang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel