5 Tips Google SketchUp Untuk Menggambar Cepat

Tips belajar cepat google sketchup

Google SketchUp memang software 3D modeling yang relatif lebih cepat untuk dikuasai dibandingkan dengan software lain. Tapi ada cara untuk lebih mempercepat pekerjaan kita dengan Google SketchUp, yakni dengan memaksimalkan fungsi-fungsi yang tidak semua orang tahu. Dalam tulisan kali ini saya akan jelaskan tips dan workflow yang biasa saya gunakan dalam bekerja dengan SketchUp.

1. Buat Shortcut Untuk Perintah Yang Sering Digunakan

Jika kalian masih menggunakan perintah dengan cara meng-klik menu yang ada di toolbar, itu berarti kalian termasuk generasi old school. Hehe, becanda...maksudnya adalah jika kalian meng-customize tombol perintah dengan cara mengetikkan huruf di keyboard, maka itu akan lebih mempercepat workflow atau cara kerja di Google SketchUp, dan sebagai bonusnya orang lain akan melihat kalian sebagai advanced ketimbang newbie player.

Jika kalian masih bingung dengan cara mengkostumisasi tombol perintah, bisa disimak video tutorial saya di Youtube mengenai pengaturan awal Google SketchUp. Kalian juga bisa download daftar tombol apa saja yang biasanya saya pakai dalam pengaturan shortcut di video tersebut.

2. Mouse Kamu Adalah Teman Baikmu

Tentu saja kita ngga akan bisa bekerja tanpa mouse, walaupun sebagian ada yang menggambar dengan menggunakan tablet dan pena stylus. Jadi sebagai teman baik kalian, sayangi dan kenali mouse kalian. Tombol mouse memiliki 5 fungsi yang bisa digunakan di SketchUp. Tombol kiri untuk seleksi seperti biasa, tombol kanan untuk membuka properties atau informasi lanjutan dari sebuah object, dan tombol scroll memiliki 3 fungsi yaitu:

  • Scroll wheel yang bisa digunakan untuk zoom in dan out. 
  • Scroll ditekan untuk menggunakan perintah orbit view.
  • Scroll ditekan + Shift ditekan pada keyboard untuk menggunakan perintah Pan.
Jadi, kombinasi dari 5 fungsi yang ada di mouse itu sudah cukup signifikan memangkas waktu dalam beralih perintah. 

Tips belajar cepat google sketchup

Selain itu, cara seleksi object dengan metode rectangle selection memiliki perbedaan antara seleksi object dari kiri dan kanan. Cara ini sama dengan metode seleksi rectangle di AutoCad. Seleksi dari kiri ke kanan untuk memilih single object yang masuk dalam kotak keseluruhan, sementara dari kanan ke kiri untuk memilih banyak object yang terkena kotak seleksi. 

3. Duplikasi Instan Dan Pembagian Instan

Perintah ini dipakai saat kalian ingin membuat duplikasi object dengan interval jarak yang sama secara cepat. Jadi alih-alih kita menggunakan perintah Copy dan klik satu persatu objectnya, tapi kita bisa mengetikkan jumlah yang diinginkan dengan tanda (*) asterisk di numpad. 

Contohnya begini, buat sebuah object apa saja dan select objectnya, lalu copy dengan cara klik tombol Move dan tekan Ctrl > Geser hasil duplikasi object tersebut sepanjang x satuan > klik kiri pada mouse untuk mengakhiri perintah copy. Setelah ini kalian masukkan angka jumlah duplikasi yang kalian inginkan (misalnya 10*) > Enter. Maka secara instan akan ditambahkan 9 object lagi disebelahnya. Google SketchUp akan mengkalkulasi secara total dari hasil perintah copy sebelumnya, jadi ketika kita memasukkan angka 10, yang diduplikasi adalah 9 + 1 buah dari copy sebelumnya.

Untuk pembagian instan, berlaku konsep yang sama. Yakni saat kalian ingin membagi jarak yang sama dari hasil duplikasi object sebelumnya. Caranya mirip dengan sebelumnya, yakni kita copy object lalu digeser sebesar x satuan lalu akhiri perintah tersebut. Kemudian dilanjutkan dengan mengetikkan tanda bagi (/) diikuti angka yang diinginkan. Otomatis akan muncul object pembagi dengan interval jarak yang sama.

4. Double Klik Untuk Mengulang Nilai Push/Pull Sebelumnya

Perintah Push/Pull dipakai untuk menarik bidang (shapes) menjadi object 3D yang memiliki massa volume. Dalam bahasa 3DStudio Max dan AutoCad perintah ini disebut extrude. Ada 3 cara menggunakan push/pull yakni dengan cara memasukkan nilai tertentu, menggunakan orientasi object yang sudah ada, dan dengan cara double klik untuk mengulang nilai push/pull yang sudah kita buat sebelumnya.

5. Kunci Sumbu X,Y, Z Ketika Menggambar Line

Tips belajar cepat google sketchup
Jika kalian menemui kesulitan untuk menggambar Garis/Line ketika berada di sudut tertentu, tombol tanda arah panah di keyboard berfungsi untuk mengunci agar garis yang akan kita buat tidak melenceng kemana-mana. Lihat penjelasan gambar dibawah, untuk tanda arah panah ke kiri adalah untuk mengunci searah sumbu hijau, tanda arah panah ke kanan untuk sumbu merah, dan tanda arah panah atas-bawah untuk sumbu biru. 

Ada alternatif cara mengunci saat kita akan menggambar line yakni dengan menekan tombol Shift pada keyboard. Cara ini juga bisa dipakai ketika kita ingin mendapatkan garis bantu dengan orientasi object yang sudah ada. 

Kesimpulan

Kelima tips diatas adalah perintah yang hampir sering kita pakai dalam menggambar dengan SketchUp. Untuk itu, cobalah untuk membiasakan agar kecepatan workflow kita semakin bertambah seiring dengan semakin sering kita menggunakan SketchUp. 

Dalam tutorial yang akan datang akan saya coba untuk membuat tutorial yang lebih advanced lagi yakni mengenai pembuatan Component dan bagaimana kita dapat memanfaatkan Component dalam menggambar bangunan.

Selamat belajar!. 




TAG