4 Tips Mudah Menata Tanaman Depan Rumah Menurut Feng Shui

Tanaman-Depan-Rumah-Menurut-Feng-Shui

Apakah kalian termasuk orang yang gemar menata tanaman di halaman depan rumah?. Bila iya, maka tulisan ini wajib kalian baca sebagai pelengkap referensi kegemaran kalian dalam menata tanaman depan rumah menurut Feng Shui.

Kegemaran berkebun atau menata tanaman di depan rumah memang memberi banyak manfaat. Salah satu yang bisa kita petik manfaatnya adalah karena tanaman-tanaman itu menjaga udara disekitarnya menjadi bersih dan segar.

Jika kalian suka menanam tanaman buah-buahan, maka manfaatnya kalian dapat mencicipi buahnya saat tanaman itu berkembang. Pernahkah kalian mencicipi buah dari tanaman dan pohon yang kalian rawat sendiri?, rasanya sangat memuaskan bukan?.

Nah, sebelum kita lebih jauh membahasnya, saya punya tips mudah menata tanaman depan rumah menurut Feng Shui yang sebaiknya kalian tahu. Sebab tidak sembarang tanaman dan pohon akan mampu memberikan energi positif di dalam rumah.

1. Kenali Type dan Spesies Tanaman

Dalam Feng Shui, terdapat dua kategori tanaman atau pohon yaitu kategori pembawa keberuntungan dan kategori pembawa kesialan. Dua kategori itu sangat jelas dibedakan karena kalian dapat mengenali ciri-cirinya yakni; apakah tanaman itu mengeluarkan gas atau cairan beracun yang tidak sehat. Lalu ciri berikutnya dapat kalian amati dari karakter tanamannya yang bila ditempatkan dalam posisi tertentu akan memberikan kesan atau efek negatif dan positif.

Berikut ini adalah jenis-jenis tanaman depan rumah menurut Feng Shui yang membawa keberuntungan bagi pemilik rumahnya:

  • Pohon palem dan kerabatnya.
  • Pohon jeruk
  • Bambu
  • Pohon Plum
  • Pohon Delima, dan jenis yang sama lainnya.
Jika salah satu dari anggota keluarga rumah kalian yang mengidap penyakit jantung atau tekanan darah tinggi, maka sangat disarankan agar menghindari menanam jenis tanaman yang mengeluarkan bau-bau tajam. Misalnya, tanaman bunga Oleander. Meskipun kelihatannya cantik namun sebenarnya Bunga Oleander cukup beracun. Aroma bunga Oleander dapat menidurkan orang dan mengurangi kekebalan tubuh. Bunga Tulip, kelopaknya mengandung Alkali dan jika kalian sering menyentuhnya akan menyebabkan rambut kalian mudah rontok. Tanaman-tanaman ini tidak cocok ditempatkan di depan rumah kalian.

Menata-Tanaman-Depan-Rumah-Menurut-Feng-Shui
Bunga Oleander


2. Kenali Ukuran Tanaman atau Pohon 

Dalam ilmu Feng Shui, menanam pohon berukuran besar di depan rumah secara berderet dipercaya mampu menahan energi negatif memasuki rumah. Jika rumah kalian cukup besar dan memiliki halaman belakang yang luas, maka pohon ukuran besar cukup ditempatkan di belakang, sedangkan di halaman depan ditanami pohon yang berukuran sedang dan semak-semak rendah di depannya.
Penataan ini mencerminkan pola Naga Hijau di sisi kiri; Macan putih di kanan; Burung Beo di depan rumah; dan ksatria hitam berjaga di belakang.

Sebenarnya layout Feng Shui ini sangat sesuai dengan konsep artistik landscape modern, dan pula secara psikologis sejalan dengan keinginan pemilik rumah yang ingin mencari ketenangan dalam hunian rumah pribadinya.

Tanaman-Depan-Rumah-Menurut-Feng-Shui

3. Jumlah Jenis Tanaman Berpengaruh

Feng Shui selalu terkait dengan angka-angka seperti halnya matematika, dan golden ratio yang merupakan rumus universal untuk keseimbangan dan keindahan. Begitu pula dalam menata tanaman depan rumah menurut Feng Shui, ukuran rumah kalian sebaiknya digunakan sebagai pertimbangan dalam menentukan jumlah tanaman yang akan ditempatkan.

Bila rumah memiliki keterbatasan dalam ukuran alias sempit dan kecil, maka tidaklah cocok untuk menempatkan terlalu banyak jenis tanaman. Sebagai contoh begini, bila lebar depan rumah memiliki ukuran 12 meter, maka sebaiknya kalian menata maksimal 6 jenis tanaman atau tidak lebih dari setengah ukuran lebar rumah. Tapi ada kalanya pengaturan tanaman kecil-kecil dengan pengaturan yang tepat dapat memberikan energi positif juga.

Tanaman-Depan-Rumah-Menurut-Feng-Shui

4. Posisi dan Arah Tanaman

Seperti yang telah tercantum dalam seni Feng Shui kuno bahwa pohon Belimbing sebaiknya di tanam di sebelah timur, pohon Plum di sebelah barat, pohon elms (pohon berkayu keras seperti beringin) di sebelah selatan dan berderet di belakang pohon plum. Organisasi tata letak ini melambangkan kemakmuran bagi penghuni rumah yang di lingkupinya. Jika posisi ini terbalik, maka akan mendatangkan hal kurang baik bagi penghuninya. Oleh karenanya, posisi dan arah orientasi tanaman sebaiknya mengikuti aturan kompas Feng Shui.

Berikut ini beberapa pengaturan posisi dan arah tanaman yang cocok menurut Feng Shui:

  • Pohon-pohon dari keluarga Murbei cocok ditanam di sebelah Utara atau sisi Timur Laut dari rumah.
  • Pohon keluarga pinus sebaiknya ditanam di sebelah Timur atau juga sisi Timur Laut dari depan rumah.
  • Pohon Gandarusa (Willow) cocok ditanam di sebelah Selatan atau sisi Barat Daya dari rumah. 
  • Pohon Jambu cocok ditanam di sebelah Tenggara dari rumah.
Pada saat yang sama perlu dicatat bahwa Pohon Murbei sebaiknya tidak ditanam persis di depan rumah. Sebab dalam konteks Mandarin China, Pohon Murbei ini sama dengan "pemakaman" yang artinya penghuni akan melihat ke arah makam setiap kali keluar rumahnya. Maka Pohon Murbei lebih aman bila ditanam tidak di posisi tepat di depan atau bahkan di belakang rumah. Dan tanaman yang dari keluarga polong-polongan seperti kapri yang melambangkan kemakmuran dapat ditanam di depan rumah. 

Sebagai kalimat penutup, dapat kita simpulkan bahwa terdapat keterkaitan kombinasi antara Feng Shui dan ilmu pengetahuan modern yang mana arah perletakan pohon dan tanaman akan memberikan pengaruh baik bagi penghuni rumah. Dalam ilmu arsitektur modern pun, kita mengenal pohon dan tanaman sebagai media untuk pengarah, peneduh, dan penghalang hal-hal buruk. Potensi-potensi tersebut dikelola melalui konsep perancangan landscape ruang luar bangunan yang menunjang keberadaan arah rumah supaya tercapai kenyamanan hunian.

Maka dengan pembahasan 4 Tips Mudah Menata Tanaman Depan Rumah Menurut Feng Shui ini semoga kalian dapat lebih memahami cara-cara menata yang lebih menyenangkan berdasarkan ilmu desain. Tetap ikuti tulisan menarik lainnya seputar tips dan trik desain arsitektur di blog arsupala.





TAG