Feng Shui Kamar Tidur Suami Istri Yang Baik

Feng-shui-kamar-tidur-suami-istri
Nilai-nilai Feng Shui dalam hal mendesain kamar tidur sebenarnya memiliki banyak sekali kriteria ideal. Bahkan sebenarnya tidak banyak desain kamar tidur yang sempurna menurut Feng Shui. Walaupun begitu, paling tidak kita bisa mengetahui secara prinsip beberapa kriteria Feng Shui yang bisa dipakai saat kita menghadapi permasalahan tata ruang kamar tidur yang akan kita bangun.

Berikut ini adalah pengetahuan Feng Shui kamar tidur suami istri yang dapat kita ulas, simak ya:

1. Feng Shui kamar tidur suami istri yang berada di atas garasi

Nah, seringkali denah perumahan yang kita jumpai memiliki kamar tidur yang berada di atas garasi mobil. Ternyata menurut Feng Shui hal ini kurang baik.
Secara umum, letak kamar tidur di atas garasi kurang baik dikarenakan dua hal:
  • Di dalam garasi banyak terjadi pergerakan energi "keluar-masuk" yang berlawanan dengan energi di dalam kamar tidur. Energi itu tidak dibatasi oleh benda padat, oleh karena itulah energi kurang baik dari garasi tersebut tidak mendukung aktivitas relaksasi dan istirahat tidur yang diharapkan oleh penghuni rumah.
  • Mobil yang diparkir di garasi saat mesin dipanaskan mengeluarkan emisi yang buruk untuk kesehatan.
Feng-shui-kamar-tidur-suami-istri

2. Feng Shui kamar tidur suami istri untuk posisi tempat tidur dibawah jendela.

Ini juga merupakan posisi yang tidak baik menurut Feng Shui. Mengapa?, karena saat tidur di malam hari tubuh kita membutuhkan perlindungan sementara sel-sel didalamnya ber-regenerasi. Bila kita tidur dibawah jendela, akan ada celah bagi udara untuk masuk dan langsung mengenai kepala, dimana hal tersebut tidak baik untuk kesehatan dan melemahkan tubuh kita secara langsung.
Feng-shui-kamar-tidur-suami-istri


3. Feng Shui kamar tidur suami istri yang letaknya dibawah kamar mandi.

Kamar mandi di lantai dua yang di bawahnya terletak kamar tidur bukan merupakan penataan yang baik. Secara analisa teknis hal ini sebenarnya masuk akal juga, karena biasanya saluran pembuangan air kotor kamar mandi di lantai dua keatas itu ada pit trap yang fungsinya sebagai maintenance jika sewaktu-waktu terjadi masalah.

4. Feng Shui kamar tidur suami istri yang berada di atas dapur.

Kamar tidur yang berada di atas dapur terutama jika posisi tempat tidur tepat berada di atas kompor tidak baik menurut Feng Shui. Karena nilai-nilai Feng Shui sebagian besar didasarkan atas energi, maka kompor di ibaratkan sebagai suatu kegiatan yang menimbulkan panas. Energi negatif menurut Feng Shui seharusnya disalurkan atau dibuang langsung, begitu pula dengan posisi tempat tidur diatas dapur maka seolah-olah aktivitas relaksasi akan dipertemukan dengan energi panas negatif dari kompor tersebut.

5. Feng Shui cermin yang menghadap tempat tidur

Mengapa cermin yang diletakkan menghadap tempat tidur bukan merupakan Feng Shui yang baik?
Secara harfiah cermin merefleksikan tubuh kalian saat berada di atas tempat tidur. Sementara secara Feng Shui ketika malam hari dimana tubuh kita melakukan regenerasi sel (aktivitas positif) akan berkurang kinerjanya disebabkan oleh cermin yang sifatnya membalikkan sesuatu.
Feng-shui-kamar-tidur-suami-istri

6. Feng Shui tempat tidur berada di bawah plafon miring

Mengapa meletakkan tempat tidur dibawah plafon yang miring tidak baik menurut Feng Shui?
Saat kita menghabiskan waktu untuk beristirahat di tempat tidur, energi konstan yang seharusnya terjadi sebaiknya tidak terganggu oleh hal apapun diluar itu. Tubuh dan jiwa (psikis) kita pun secara tidak sadar akan terpengaruh dengan kondisi lingkungan sekitar.
Plafon yang miring seolah-olah bergerak menekan kepada orang yang tidur di bawahnya. Hal ini mengganggu emosional seseorang yang pada akhirnya menimbulkan energi yang tidak stabil.
Feng-shui-kamar-tidur-suami-istri

7. Feng Shui tempat tidur yang menghadap arah bukaan pintu utama rumah.

Seorang pakar Feng Shui tradisional mengemukakan bahwa posisi tempat tidur yang menghadap pintu utama rumah ibaratnya seperti melihat orang (cina) meninggal ketika memasuki rumah. Tradisi China ketika ada anggota keluarga yang meninggal adalah peti matinya diletakkan setelah pintu masuk utama rumah dan diletakkan foto dari orang yang meninggal tersebut.
Energi yang kurang baik ini kemudian di manifestasikan terhadap posisi tempat tidur agar supaya posisi ketika telapak kaki menghadap pintu masuk utama rumah ini dihindari.

8. Feng Shui meletakkan kipas angin di atas tempat tidur

Meletakkan benda berat di atas tempat tidur adalah buruk menurut Feng Shui. Benda-benda berat yang berkesan membawa tekanan kebawah saat orang tidur di bawahnya akan mengurangi energi positif yang bekerja pada saat beristirahat.
Yang dimaksud dengan benda berat misalnya; kipas angin, chandelier, hiasan-hiasan seperti dreamcatcher atau bahkan balok struktur yang dibiarkan ter-exposed pun bisa jadi berkesan menekan kebawah. Yang diperbolehkan dalam Feng Shui adalah hanya kain atau sejenisnya,
Feng-shui-kamar-tidur-suami-istri


Itulah tadi ulasan beberapa hal mengenai aturan-aturan dalam tata ruang tradisional China ketika ingin digabungkan ke dalam prinsip tata ruang modern kita. Semoga dengan mengetahui hal-hal tersebut kita dapat memahami nilai-nilai Feng Shui kamar tidur suami istri yang baik.
Jangan lupa ikuti terus tulisan menarik lainnya di blog arsupala.







TAG