Inilah 9 Trend Konsep Rumah Yang Sedang Hits 2019


Trend di bidang arsitektur ini menjabarkan keterkaitan secara umum  antara bangunan sebagai wadah aktifitas manusia dan gaya hidup yang terbentuk akibat kemajuan teknologi. Oleh sebab itulah konsep hubungan baik antara rumah dan manusia sebagai penghuni ini masih akan berlangsung beberapa tahun kedepan melihat banyaknya dampak positif yang ditimbulkannya.

1. Passive Home

Salah satu trend yang paling jelas terlihat saat ini adalah berkembangnya gagasan untuk mengurangi konsumsi energi – yakni; reduksi emisi karbondioksida dan prinsip bangunan hijau. Passive Home terkait dengan kedua hal tersebut dan menyebabkan gagasan ini menjadi fokus pengembangan pada tahun 2014 dan sekarang sedang menjadi trend global.

Penelitian menyebutkan bahwa passive home dapat mereduksi energy panas bangunan yang ditimbulkan dari sinar matahari dan penggunaan alat-alat elektronik di dalam rumah hingga 90%. Bila sebagian besar persentase pengeluaran energi tersebut tereduksi, maka sangat memungkinkan gagasan ini akan menyumbangkan dampak positif bagi dunia.
trend arsitektur 2019

2. Desain Untuk Produk-produk Relaksasi

Sudah tidak asing lagi bagi kita di jaman sekarang dengan semakin majunya teknologi dan internet bahwa rata-rata setiap manusia mendapatkan banyak sekali informasi baru setiap harinya dibandingkan rata-rata orang di abad 17 pada seluruh hidupnya. Hal ini berujung pada satu konsep yakni – information overload.


Dengan konsep information overload tersebut, menyebabkan orang bekerja keras memilah-milah informasi mana yang penting dan mendesak bagi dirinya, yang penting dan tidak mendesak, dan sebagainya. Atas perkara inilah sebagian besar orang mulai memasukkan sebuah ruang baru di dalam rumahnya, yakni – Home Spa. Tujuannya adalah untuk memudahkan mendapatkan relaksasi setelah bekerja seharian dan terekspos informasi yang berlebihan.
Trend Arsitektur 2019

3. Flex Room

Apakah itu Flex room?. Flex room adalah ruangan atau area yang memiliki multifungsi. Atau di bahasa kita lebih sering disebut dengan ruang serbaguna.

Alasan mengapa flex room menjadi trend di tahun 2019 adalah karena 3 hal yakni; baby boomers, tingkat penghasilan, dan fleksibilitas.

Mari kita bahas satu-persatu mulai dari baby boomers. Banyak desain rumah baru yang mengintegrasikan ruangan tambahan untuk mengakomodasi adanya ‘keluarga’ baru dalam satu rumah, contohnya; menambah ruangan untuk menyewakannya sebagai kost-kostan atau kontrakan.

Kedua, tingkat penghasilan. Tingkat ekonomi  di banyak tempat di dunia memiliki kecenderungan untuk selalu menomorduakan para ‘veteran’ atau pensiunan. Hal ini menyebabkan mereka tidak mampu untuk menghidupi diri mereka sendiri, atau memiliki rumah pensiunan pribadi mereka.


Terakhir, adalah fleksibilitas. Trend ketiga ini jelas terlihat bahwa faktor fleksibilitas ruang adalah memaksimalkan penggunaan ruang yang tersedia.  Seperti contoh yang telah disebutkan di atas, yakni satu ruangan mampu memiliki banyak fungsi.
Trend arsitektur 2019

4. Bangunan Prefabrikasi

Pesatnya perkembangan teknologi manufaktur, terutama di China – menyebabkan trend ini semakin membesar di tahun 2019. Cakupannya tidak hanya terbatas rumah, tapi sudah mulai hotel, bangunan kantor sewa, dan lain-lain.

Hal utama yang diunggulkan dari bangunan prefab (hunian siap bangun dengan system modular), adalah penghematan biaya. Proses repetisi manufaktur adalah berarti mengurangi bahan mentah dan tenaga kerja. Seluruh dinding dan lantai sudah dibuat di pabrik – yang kemudian siap dirangkai dilapangan.

Dengan manajemen proyek lebih mudah, waktu pembangunan lebih singkat, dan tenaga kerja yang lebih sedikit, semua hal tersebut merupakan alasan trend ini ngehits dan berkembang di tahun 2019.

Trend arsitektur 2019
Contoh rumah dengan teknologi prefabrikasi

5. Penggunaan Material Bangunan Yang Lebih Sehat

Dalam sebuah bangunan rumah, dalam dekorasi, maupun perabotan yang kita gunakan semuanya menggunakan material finishing yang terbuat dari bahan kimia. Karena alasan kesehatan, maka material sintetis yang berpotensi menyebabkan reaksi alergi dan masalah kesehatan bagi manusia saat ini telah diganti dengan material baru yang aman bagi kesehatan.
Trend Arsitektur 2019

6. Dapur Tidak Hanya Ruangan Untuk Memasak

Banyak keluarga modern saat ini berusaha untuk mementingkan lebih banyak interaksi dalam keluarga dan mempererat hubungan yang lebih hangat. Salah satu caranya adalah dengan meletakkan ruangan dapur yang semula terbatas sebagai ruangan memasak, namun sekarang dipakai juga sebagai tempat untuk berdiskusi, belajar, dan bekerja.

Konsep ini hampir mirip dengan flex room, tapi lebih spesifik. Dapur diangkat menjadi vocal point dalam program ruang, menaikkan hirarki kepentingan ruangan tanpa mengurangi fungsi utama dapur sendiri.

Trend konsep rumah 2019

7. Pemanfaatan Ruang Tersembunyi Untuk Barang-barang

Loker-loker besar dalam rumah dan lemari-lemari untuk menyimpan barang-barang terkadang sangat menghabiskan tempat dan tidak efektif. Apalagi dengan semakin banyaknya anggota keluarga yang menghuni, semakin banyak pula ‘koleksi’ benda-benda pribadi yang jika tidak diperhatikan akan membuat suasana rumah menjadi berantakan.

Akhir-akhir ini tidak hanya konsep smart home saja yang sedang marak, tapi juga creative home. Yang memaksimalkan fungsi ruang-ruang "mati" menjadi bermanfaat.
Trend konsep rumah 2019

8. Pemanfaatan Ruang Luar

Dalam dunia arsitektur, ruang adalah komoditas yang paling bernilai. Dengan semakin bertambahnya populasi manusia dan harga property yang semakin naik, pemanfaat ruang luar dengan material yang eco-friendly semakin banyak diterapkan oleh arsitek. Awal mula pergerakan ini dimulai pada tahun 2000. Seiring dengan berkembangnya media sosial dan kemudahan jangkauan informasi, maka trend pemanfaatan ruang luar ini menjadi marak diikuti di tahun 2019.

trend konsep arsitektur 2019

9. Desain Yang "Ramah-Bencana"

Di belahan bumi manapun, pasti mempunyai karakteristik bencana yang berbeda-beda. Namun, pada dasarnya mereka dapat dikategorikan seperti; banjir, gempa bumi, angin putting beliung, dsb. Dengan adanya kesamaan karakteristik bencana, banyak praktisi arsitek untuk memikirkan solusi adanya sistem desain hunian ramah-bencana yang dapat diterapkan untuk mengantisipasi kemarahan alam tersebut.
trend konsep rumah 2019
Contoh konsep rumah tahan banjir di Australia

TAG