Renovasi Rumah Tangerang - All New Facade

Tulisan kali ini akan membahas mengenai permintaan renovasi rumah di Tangerang milik Bp. Ardi.

Beliau menginginkan adanya "facelift" atau penggantian total di bagian tampak depan atau facade bangunan secara keseluruhan.

Baiklah kita mulai saja ulasannya:

Kondisi Rumah Eksisting

Luasan rumah awalnya adalah 90m2 yang menempati lahan seluas 180m2 dengan spesifikasi panjang x lebar lahannya adalah 15x12 meter.

Spesifikasi yang diminta adalah pengembangan secara vertikal dan memindahkan 2 kamar tidur ke atas. Tujuannya karena lantai bawah akan difungsikan secara maksimal untuk mendukung usaha beliau. Jadi lebih tepatnya untuk merubah fungsi menjadi SOHO atau Small Office Home Office.

Alhasil Saya tidak terlalu fokus di Lantai 1 karena secara praktis nantinya akan dikerjakan oleh bagian Interior, sehingga tidak diperlukan organisasi ruang yang baru. Semua fungsi hunian saya pindahkan ke Lantai 2.

Penentuan Sirkulasi dan Hubungan Ruang

Untuk alasan optimasi ruangan, saya sengaja menempatkan tangga di bagian depan karena dengan begitu akan lebih leluasa mengatur konfigurasi ruangan baik di Lantai 1 maupun Lantai 2.

Arah pintu masuk utama tetap berada di bagian tengah, ini tidak saya rubah karena posisinya tidak mengganggu apapun dan justru menjadi fokal point yang bisa saya olah pada tampak depan nantinya.

Bagian kanan yang tadinya carport bersebelahan dengan dapur saya modifikasi dengan menambahkan opening pintu semacam garasi. Jenis pintu bisa menggunakan sistem sliding ataupun folding (lipat) dengan menggunakan bahan besi.

konsep sirkulasi renovasi rumah tangerang
Konsep hubungan ruang Lt.1

Untuk sisi halaman depan tidak ada yang diolah secara khusus, lebih kepada hijauan dengan menggunakan rumput gajah untuk memunculkan kesan clean garden. Untuk pemilihan pohon nantinya bisa menggunakan pohon kamboja merah agar lebih familiar dengan kesan minimalis.

Beralih ke lantai dua.


Disinilah muncul organisasi ruang yang baru, karena faktor akses menuju lantai dua sudah ditentukan yakni dari sisi kiri bawah, maka saya dapat menyusun hubungan ruangnya seperti diagram berikut:

diagram ruang renovasi rumah tangerang
Diagram hubungan ruang Lt 2
Secara garis besar saya memiliki kelompok ruangan yang saya masukkan dalam zona privat dan publik. Warna biru adalah kelompok ruangan zona privat, terdiri dari 2 kamar tidur anak, dan 1 kamar tidur utama dengan pengolahan Walk-in Closet dan Master bathroom.

Warna hijau adalah kelompok ruangan zona publik, yang saya sebut dengan Hall. Disini saya posisikan di tengah karena cocok untuk dijadikan sebagai ruang komunal, dimana dari ruangan tersebut arah aksesnya bisa menyebar kemanapun. Menjadikan ruangan ini sebagai jantung kegiatan hunian di Lantai 2.

Pengolahan Facade Bangunan / Tampak Depan

Setelah mendapatkan organisasi ruangan lantai satu dan lantai dua, saatnya sekarang adalah mengolah tampak depan bangunan rumah.

Tidak ada hal spesifik yang diminta oleh pemilik. Hanya saja pertimbangannya lebih ke arah easy maintenance dan faktor keamanan.

Untuk itu, maka pertimbangan pertama saya tetapkan untuk mengolah facade dengan gaya modern minimalis dengan meminimalisir ornamen-ornamen yang tidak perlu. Saya tidak menggunakan lis-lis profil dan saya ganti dengan pengolahan massa dengan bangun dasar kotak.

Untuk pertimbangan kedua secara praktis saya memberikan pagar dengan pemilihan desain yang sesuai dengan karakter bangunan, yakni besi hollow vertikal setinggi 2m tanpa ornamen yang rumit. Sederhana namun fungsional.

Berikut ini adalah hasil desain rencana renovasi rumah di Tangerang milik Bp. Ardi.

Semoga dapat menjawab kebutuhannya, pak. Terimakasih.

denah lt1 - renovasi rumah tangerang
Denah lt.1

Denah lt.2 - renovasi rumah tangerang
Denah Lt.2
tampak depan renovasi rumah tangerang
Perspektif 1 - renovasi rumah tangerang

Perspektif 2 - renovasi rumah tangerang


perspektif renovasi rumah tangerang
Perspektif 3 - Tampak tanpa pagar


  • Luas rumah sebelum renovasi: 90m2
  • Luas rumah total dengan perencanaan: 208 m2
  • Penambahan ruangan: (semua di Lt.2) Ruang komunal, R.Tidur Anak 2x dengan private bathroom, R. Tidur Utama, Master Bathroom, Walk in Closet, Balkon, dan area jemur.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Renovasi Rumah Tangerang - All New Facade"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel