Belajar AutoCad Dasar II: Memulai AutoCad

Dalam tutorial ini saya menggunakan AutoCad versi 2014, namun pada prinsipnya panduan ini masih bisa diterapkan untuk versi terbaru yang saat ini tercatat yakni di AutoCad 2020.

Sebelum kita masuk pada pembahasan, ada baiknya jika yang belum membaca artikel bagian pertama bisa kembali dulu kesini:

https://www.arsupala.com/2019/07/belajar-autocad-dasar-pemahaman-untuk-pemula.html

Nah, menyambung dari artikel tersebut--kita akan masuk ke pengenalan alat-alat yang dipergunakan untuk mengoperasikan AutoCad:

HARDWARE

1. Keyboard

Tombol (utama) pada keyboard yang digunakan dalam AutoCad:

1.a. Return Key (Enter), berfungsi untuk menjalankan (mengeksekusi) perintah dan menyetujui sebuah nilai. Tombol selain Enter yang berfungsi sama adalah spasi (space bar). Return key juga berfungsi untuk mengulang perintah terakhir.

1.b. Backspace key, fungsinya untuk membetulkan pengetikan perintah.

1.c. Control Key, hanya mempunyai fungsi jika digabung dengan pengetikan huruf. Contohnya: Ctrl + S = Save.

1.d. Function Keys, atau F1, F2, F6, dsb. Function key yang dipakai dalam AutoCad:

F1 = Help

F2 = Mode text / Mode Grafik

F6 = Koordinat On/Off

F7 = Grid On/Off

F8 = Orto On/Off

F9 = Snap On/Off

1.e. Esc (Escape), untuk membatalkan perintah / cancel.

1.f. Alt + Tab, fungsinya untuk memindahkan bidang kerja dari window satu ke yang lain pada "Multiple Windows"

2. Mouse

Mouse adalah alat yang sangat penting terutama dalam memasukkan koordinat. Mouse yang ada saat ini mempunyai 3 tombol, yakni klik kiri, klik kanan, dan scroll button.

Mouse dengan 3 tombol mempunyai fungsi:

  1. Tombol kiri untuk memasukkan koordinat.
  2. Tombol kanan untuk pengganti Enter dan untuk mengulang perintah sebelumnya. Disamping itu klik kanan juga untuk memunculkan fungsi-fungsi lain.
  3. Tombol scroll button, slider-nya berfungsi sebagai "zoom realtime", jika ditekan menjadi "Pan Realtime", dan jika di double-klik akan mengeluarkan perintah "Zoom extend".

SOFTWARE

Untuk syarat minimum dan kompatibilitas software AutoCad, kalian dapat mengetahuinya di website resminya AutoCad DISINI

Namun jika kalian tidak ingin terlalu pusing dengan spesifikasi hardware yang cocok, bisa juga kalian baca ulasan review artikel saya tentang laptop yang cocok untuk mahasiswa Arsitektur DISINI.

Nah, jika semua sudah siap dan terinstall, berikut ini adalah tampilan AutoCad versi 2014:

vbelajar autocad dasar - tampilan antarmuka autocad

Keterangan:

  • Command window, adalah tempat memasukkan perintah melalui keyboard dan melihat pesan-pesan yang diberikan oleh AutoCad. Command window dapat dirubah ukuran dan letaknya sesuai keinginan kita. 
  • Status Bar, selalu terletak di sebelah bawah dari menu AutoCad, menunjukkan informasi koordinat dan setting yang bekerja pada saat kita menggambar seperti grid, snap, dan model/paperspace
  • Drawing Area, adalah bidang tempat kita mengedit dan menggambar. 
  • Menu Bar, berisi pull-down menus. Kalian dapat mengaktifkan menu ini dengan mengarahkan kursor kearah menu bar dan menentukan pilihan dengan menekan tombol kiri mouse. 
  • Cursor menu, adalah menu yang tampil jika kita menggabungkan tombol keyboard dengan tombol mouse, misalnya Shift+tombol mouse kanan untuk menampilkan object Snap Mode dan Filters Menu.
  • Crosshair Cursor, disebut juga "cross hair" ini adalah benuk kursor jika kita bekerja menggunakan autocad.
  • UCS icon, merupakan tanda letak bidang gambar. 

UNITS

Notasi Units dalam AutoCad dapat kita atur sesuai kebutuhan kita. Dalam kondisi standar, AutoCad memakai notasi desimal untuk menentukan koordinat, jarak, dan sudut. Tetapi pilihan notasi lain tersedia juga.

Dengan mengetikkan DDUNITS atau menekan menu bar "format > units" pada pull-down menu maka akan tampil kotak dialog seperti berikut:

belajar autocad dasar - DDUNIT


Keterangan:
  • Length - Type, merupakan pilihan sistem unit yang kita pakai
  • Precision, adalah tingkat presisi unit yang kita pilih, tekan tanda panah disebelahnya untuk mengganti nilai tingkat presisi.
  • Angle - Type, untuk menentukan  sistem dan tingkat presisi mempunyai cara yang sama dengan Length - Type.
  • Direction, untuk menentukan arah dari sudut. Dalam AutoCad dipakai "counter-clockwise" atau berlawanan dengan arah jarum jam.
  • Nilai unit dapat kita asumsikan menurut kebutuhan kita. Misalnya: 1 unit dapat dianggap bernilai 1 meter atau 1 cm atau 1 inchi, dsb. Hal ini terkait dengan pencetakan. Dalam standar internasional dipakai acuan 1 Unit = 1 mm.

DRAWING LIMITS

Drawing Limits adalah batas secara persegi empat yang merupakan area dimana kita menggambar. Area ini ditentukan oleh koordinat X dan Y. Ukuran yang dipakai adalah "UNIT".

Pilihlah "Format > Drawing limits" dari menu bar. Alihkan pandangan kita ke command bar dibawah, AutoCad akan menanyakan kita untuk menentukan "lower left corner (sudut kiri-bawah)", yang dalam AutoCad tertulis "0,0". Pilihlah nilai 0,0 tersebut dengan menekan Enter sebagai aksi untuk menyetujui nilai tersebut. 

Pertanyaan berikutnya adalah "upper right corner (sudut kanan atas)" dimana kita harus memasukkan nilai X dan Y sesuai dengan besar gambar yang akan kita kerjakan.

Lakukan perintah ZOOM-ALL dengan mengetikkan "Z" lalu tekan Enter, lalu ketikkan "A" (All) lalu Enter. Pengetikan huruf boleh dengan huruf kecil.

GRID DAN SNAP

Grid adalah alat bantu berupa garis vertikal dan horizontal yang berjarak sama dan membentuk pola kotak-kotak. Snap adalah alat bantu untuk memudahkan cursor pada titik yang kita tentukan.

Grid dan Snap dapat kita atur nilainya dengan memilih "Tools > Drafting Settings" pada menu bar atau klik tombol mouse kanan pada Status bar kemudian pilih Settings. 

Tombol pilih cepat (Shortcut) pada keyboard yang mengatur grid On/Off dan Snap On/Off adalah F7 dan F9.

ZOOM

Zoom digunakan untuk memperbesar atau memperkecil tampilan tanpa merubah skala benda. 
  • Zoom All, untuk melihat seluruh object beserta limits yang telah dibuat.
  • Zoom center, untuk membuat display baru dengan meletakkan center point sebagai titik acuan.
  • Zoom extents, untuk melihat seluruh object tanpa limits.
  • Zoom previous, kembali pada tampilan zoom sebelumnya.
  • Zoom windows, untuk memperbesar tampilan object dengan window yang akan menjadi tampilan penuh.
  • Zoom Scale, untuk memperbesar atau memperkecil tampilan object dengan memasukkan nilai skala. Contoh: jika kita ingin memperbesar tampilan dua kali dipakai nilai skala "2x".

Contoh penerapan zoom:

Command: 
z (enter) >
ZOOM
Specify corner of window, enter a scale factor (nX or nXP), or [All/Center/Dynamic/Extents/Previous/Scale/Window] <real time>:

Jika kita tidak memilih apapun alias langsung tekan Enter, maka otomatis AutoCad akan membaca bahwa kita memerintahkan zoom real time. Coba praktikkan dan ketahui perilaku zoom real time seperti apa. 

Setelah itu silakan praktikkan perbedaan masing-masing command zoom sesuai jenisnya. 

PAN
Pan digunakan untuk menggeser tampilan. Tombol pilih cepat Pan adalah dengan menekan tombol scroll di mouse lalu digeser sesuai yang diinginkan (masih dengan menekan tombol scroll mouse).

MENYIMPAN TAMPILAN

Tampilan yang sudah kita buat dapat kita simpan dengan perintah "View" > Enter. Lalu akan muncul dialog box seperti ini:

belajar dasar autocad-view
belajar dasar autocad-view

Untuk lain waktu ketika ingin memanggil kembali tampilan yang sudah kita simpan, bisa kembali mengetikkan perintah "View" lalu cari daftar view yang sudah kita simpan sebelumnya dan kemudian pilih "Set Current" > Apply > OK.

MEMBUKA FILE GAMBAR YANG SUDAH ADA

Kita dapat memanggil gambar atau membuka gambar yang sudah ada dengan menggunakan "File" > "Open" pada menu bar. 

Tips:Jika dalam layar preview terdapat tampilan gambar yang kita butuhkan, maka file tersebut dapat kita buka dengan cara klik tombol "OK". Jika ternyata tidak muncul layar preview, maka kemungkinan file tersebut corrupt atau disimpan dengan versi AutoCad yang lebih tinggi.

MEMULAI GAMBAR BARU

Kita dapat memulai penggambaran dari nol (Scratch) dengan menggunakan perintah "File" > "New" pada menu bar. Lalu akan muncul dialog box seperti berikut:

belajar autocad dasar - new template


MENYIMPAN GAMBAR

Perintah menyimpan gambar bisa melalui menu bar, yakni "File" > "Save". Jika kita sudah mempunyai nama file sebelumnya, maka perintah Ctrl+S melalui tombol keyboard akan menyimpan langsung dengan nama file tersebut. 

Akan tetapi jika kita belum memberikan nama pada file baru tersebut, maka perintah Ctlr+S dan "File" > "Save" akan mengarahkan kita ke jendela dialog box baru untuk menentukan nama dokumen. 

Pilihan kedua, yakni jika kita ingin memberikan nama lain pada dokumen maka kita bisa gunakan "File" > "Save As" lalu ketikkan nama baru untuk dokumen tersebut. 

KELUAR DARI AUTOCAD

Untuk keluar dari aplikasi AutoCad dapat mengetikkan "quit" > Enter di Command Line, atau arahkan ke menu bar "File" > "Exit" yang berada di baris paling bawah. Perhatikan di sebelahnya ada perintah tombol cepat yakni Ctrl+Q yang bisa juga kita pakai pada keyboard.

Pada layar kerja lalu akan muncul menu yang meminta kita untuk menyimpan, mengabaikan, atau membatalkan perintah:

belajar autocad dasar - perintah keluar aplikasi

MEMBATALKAN PERINTAH

Jika dalam menjalankan perintah terdapat kesalahan ketik, kita bisa membetulkannya dengan menekan tombol "backspace" pada keyboard. Perintah untuk membatalkan suatu perintah yang sedang berjalan adalah dengan tombol "Esc" pada keyboard. 

Jika perintah sudah terlanjur dilaksanakan, kita dapat meniadakan proses terakhir dengan menekan huruf "U" (Undo) kemudian tekan "Enter".

Kita juga dapat mengembalikan proses "Undo" tersebut dengan "Redo". Perintah "redo" hanya dapat dilakukan sekali saja, sedangkan perintah "undo" dapat dilakukan berkali-kali dengan proses mundur menuju perintah pertama yang dikerjakan. 

Perintah "U" juga dapat dilakukan pada proses pemilihan object pada proses editing dari pembuatan "line" dan "pline".

REDRAW dan REGEN

Perintah "Redraw" atau bisa juga diketikkan pada keyboard dengan huruf "R" berfungsi untuk membersihkan screen dari blips. Untuk pengulangan proses gambar digunakan perintah "regen".

SISTEM KOORDINAT

Dalam AutoCad terdapat 2 jenis metode koordinat:
  • Koordinat Absolut, menggunakan nilai mutlak misalnya: (1,2) (4,5) dsb.
  • Koordinat Relatif, semua titik awal garis dianggap sebagai titik "0,0"
Koordinat Relatif terbagi dua, yakni:
  • Koordinat relatif Polar dengan sistem penulisan: @jarak<sudut pengarah
Contoh: Untuk membuat garis ke kanan sejauh 500 unit, tertulis: @500<0 (Nilai 0, lihat cara penulisan sudut dibawah)
  • Koordinat relatif Cartesian dengan sistem penulisan: @X, Y
Contoh: Untuk membuat garis ke kanan sejauh 500 unit, tertulis: @500,0

belajar autocad dasar - diagram cartesius

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Belajar AutoCad Dasar II: Memulai AutoCad"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel